PEMANTAPAN



Tulisan ini tidak akan bermanfaat untuk mereka yang :
  •       Ikut pemantapan sebagai tiket untuk mendapatkan scarf kuning
  •       Bergabung di omega dengan ambisi untuk menjadi kolektor gunung
  •       Memandang gunung sebagai tempat belajar bersenang-senang
  •       Tidak/belum membaca tulisan pertama
Pemantapan…dalam sejarahnya, hadir sebagai jawaban atas laju kuantitas anggota omega dengan harapan agar laju kuantitas tersebut diikuti oleh kualitas anggotanya (berbanding lurus). Selang waktu antara pendidikan dasar (Diksar) dengan HUT KPA OMEGA yang hanya berkisar 3-4 bulan (Diksar biasanya dilaksanakan bulan maret atau april, HUT pada pertengahan Juli) maka dipandang perlu untuk melaksanakan sebuah kegiatan sebelum kenaikan tingkat dari anggota biasa menjadi anggota muda. Pemantapan adalah syarat mutlak yang harus dilalui oleh anggota biasa untuk menjadi anggota muda sesuai dengan Aturan Tambahan (Bab V Pasal 8 Ayat 2). Pemantapan pertama dilaksanakan pada tahun 2009 (Juni) di Bulu Ramma untuk angktan Diksar XIV.

Pemantapan (kbbi) proses, cara, perbuatan memantapkan (meneguhkan, menjadikan stabil). Jadi pemantapan adalah sebuah proses dari labil menjadi stabil, rapuh menjadi teguh, tidak mantap menjadi mantap. Jika dianalisis dengan metode 5w + 1h maka:
Who? Diksar XIX dan Diksar lain yang belum mengikuti
When? Setelah diksar
Where? Outdoor or indoor
Why? Dijawab pada paragraph sebelumnya
What? Akan dijawab pada paragraph selanjutnya
How? PO dan Pengurus yang berhak menjawab (metode)

Sederhananya dikatakan mantap bila memahami konsepsi dasar pencinta alam dan ilmu-ilmu (dasar maupun penunjang) dalam bidang kepetualangan serta menyadari fungsi dan tanggung jawabnya sebagai seorang kader omega, himafi, dan mipa. Secara garis besar apa yang dimantapkan dapat dideskripsikan dengan :
      Mantap Kepencintaalaman (Paham konsepsi dasar hubungan Tuhan – Alam – Manusia)
      Mantap Keilmuan (Paham ilmu dasar dan penunjang dalam berpetualang seperti; fisika/geofisika sebagai basic omega, PPAT, navigasi darat, montenering, survival, PPGD, dll)
      Mantap Keomegaan (Mengerti serta menjaga sejarah dan kultur di KPA OMEGA)
      Mantap Keorganisasian (Sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota omega, himafi, dan bem fmipa)

Sesuai hakikat dari kepetualangan yakni belajar (bukan sekedar dari tidak tahu menjadi tahu, tetapi tahu membedakan hal baik dan buruk) maka akan terbangun kecerdasan dalam diri anggota omega yang telah melalui pemantapan. Kecerdasan tersebut mencakup aspek spiritual, emosional,dan intelektual.

Spiritual       : Sadar akan fungsi dan kedudukan sebagai manusia yang pengaplikasiannya selalu tunduk dan bersandar kepada Tuhan sebagai bentuk pengabdian manusia kepada Penciptanya
Emosional   : Terjalinnya komunikasi yang baik antar anggota omega** (hal paling mendasar) sehingga terbentuk kebersamaan yang kuat dan rasa persaudaraan yang erat. Selain itu akan timbul sikap saling menghargai sesama manusia dan sikap untuk saling mengingatkan dalam berbuat kebaikan, baik saat berpetualang maupun saat kembali ke pergaulan sehari-hari. Tak kalah penting adalah rasa kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat / penduduk di lokasi kegiatan petualangan (dalam arti rumah penduduk bukan sekedar tempat untuk beristirahat minum kopi atau tempat menitip kendaraan dan barang lainnya)
Intelektual  : Setelah kenaikan tingkat akan menjadi pemateri dan instruktor yang mantap (bukan sekedar membawakan materi) serta sangat diharapkan untuk melakukan ekspedisi  (ekspedisi dalam arti yang sebenarnya)

Sekali lagi ditegaskan bahwa tulisan ini tidak akan bermanfaat untuk mereka yang :
  • Ikut pemantapan untuk berproses lebih jauh di omega, himafi, dan bem fmipa
  •  Bergabung di omega dengan niat untuk memahami lebih dalam tentang makna pencinta alam
  • Memandang gunung sebagai tempat menyenangkan untuk belajar
  • Telah membaca tulisan pertama
Mohon maaf untuk segala kekurangan. Semoga makin mantap sepulang pemantapan agar tulisan ini tidak sia-sia…

**antar anggota omega yang dimaksud adalah sesama anggota omega, bukan hanya sesama anggota diksar atau sesama angkatan di kampus.
_BRILYAN ROSARIO # Ω.07.XII.098
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP